Tuesday, November 9, 2010

IAIN Sunan Ampel

0 comments

IAIN Sunan Ampel atau Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang mengkhususkan kajiannya dalam bidang studi Islam. Pada akhir dekade 1950, beberapa tokoh masyarakat Muslim Jawa Timur mengajukan gagasan untuk mendirikan perguruan tinggi agama Islam yang bernaung di bawah Departemen Agama. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, mereka menyelenggarakan pertemuan di Jombang pada tahun 1961.

IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia yang dikatagorisasikan sebagai world class university versi Webometrics, Lembaga Pemeringkat Perguruan Tinggi se-dunia dalam katagori website. Pada level dunia, kampus yang terletak di Jl. A. Yani Surabaya ini pada 10 Februari 2010 terdaftar dalam 8000 deretan universitas terbaik di dunia.



Sejak didirikan 44 tahun lalu, IAIN Sunan Ampel telah cukup berhasil mencapai banyak kemajuan dalam hal administrasi akademik dan program. IAIN Sunan Ampel akan terus mengelola program-program yang telah menjadi bagian dari agenda pendidikan, penelitian, pelayanan masyarakat, dan jaminan kualitas lulusan. Semua program ini akan diorganisir secara professional dan terstruktur, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik dengan demikian visi lembaga pun dapat dicapai secara optimal.Selain mempertahankan karakteristik studi-studi Islam yang sudah ada, IAIN Sunan Ampel juga memiliki program studi umum dengan basis dan perspektif Islam yang memadai, seperti Prodi Komunikasi, Sosiologi, Psikologi, Perpustakaan, Sastra Inggris, Matematika, dan sebagainya.
Dengan penuh rasa optimis kami katakana bahwa melalui upaya-upaya kreatif diri-reorientasi dan reorganisasi ditambah kerja keras yang tak kenal lelah dari semua staf kami, kami yakin bahwa IAIN Sunan Ampel memiliki kapasitas untuk memberikan mengalaman intelektual dan manajemen pribadi yang kompetitif bagi mahasiswa. Kami percaya bahwa IAIN Sunan Ampel dapat berada di garis depan dalam pendidikan, akademik dan pengembangan intelektual serta dalam memelihara nilai-nilai spiritual untuk transformasi dan pencerahan dari sesama Indonesia, muslim dan kemanusiaan.

Semoga Allah membimbing kita untuk melakukan apa yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan komunitas kita. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Profil IAIN


Pada akhir dekade 1950, beberapa tokoh masyarakat Muslim Jawa Timur mengajukan gagasan untuk mendirikan perguruan tinggi agama Islam yang bernaung di bawah Departemen Agama. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, mereka menyelenggarakan pertemuan di Jombang pada tahun 1961. Dalam pertemuan itu, Profesor Soenarjo, Rektor IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, hadir sebagai nara sumber untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran yang diperlukan sebagai landasan berdirinya perguruan tinggi agama Islam dimaksud. Dalam sesi akhir pertemuan bersejarah tersebut, forum mengesahkan beberapa keputusan penting yaitu: (1) Membentuk Panitia Pendirian IAIN, (2) Mendirikan Fakultas Syariah di Surabaya, dan (3) Mendirikan Fakultas Tarbiyah di Malang

Selanjutnya, pada tanggal 9 Oktober 1961, dibentuk Yayasan Badan Wakaf Kesejahteraan Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah yang menyusun rencana kerja sebagai berikut :

- Mengadakan persiapan pendirian IAIN Sunan Ampel yang terdiri dari Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang.
- Menyediakan tanah untuk pembangunan Kampus IAIN seluas 8 (delapan) Hektar yang terletak di Jalan A. Yani No. 117 Surabaya.
- Menyediakan rumah dinas bagi para Guru Besar.

Pada tanggal 28 Oktober 1961, Menteri Agama menerbitkan SK No. 17/1961, untuk mengesahkan pendirian Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang. Kemudian pada tanggal 01 Oktober 1964, Fakultas Ushuluddin di Kediri diresmikan berdasarkan SK Menteri Agama No. 66/1964.
Berawal dari 3 (tiga) fakultas tersebut, Menteri Agama memandang perlu untuk menerbitkan SK Nomor 20/1965 tentang Pendirian IAIN Sunan Ampel yang berkedudukan di Surabaya, seperti dijelaskan di atas. Sejarah mencatat bahwa tanpa membutuhkan waktu yang panjang, IAIN Sunan Ampel ternyata mampu berkembang dengan pesat. Dalam rentang waktu antara 1966-1970, IAIN Sunan Ampel telah memiliki 18 (delapan belas) fakultas yang tersebar di 3 (tiga) propinsi: Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Namun demikian, ketika akreditasi fakultas di lingkungan IAIN diterapkan, 5 (lima) dari 18 (delapan belas) fakultas tersebut ditutup untuk digabungkan ke fakultas lain yang terakreditasi dan berdekatan lokasinya. Selanjutnya dengan adanya peraturan pemerintah nomor 33 tahun 1985, Fakultas Tarbiyah Samarinda dilepas dan diserahkan pengelolaannya ke IAIN Antasari Banjarmasin. Disamping itu, fakultas Tarbiyah Bojonegoro dipindahkan ke Surabaya dan statusnya berubah menjadi fakultas Tarbiyah IAIN Surabaya. Dalam pertumbuhan selanjutnya, IAIN Sunan Ampel memiliki 12 (dua belas) fakultas yang tersebar di seluruh Jawa Timur dan 1 (satu) fakultas di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kini, IAIN Sunan Ampel terkonsentrasi hanya pada 5 (lima) fakultas induk yang semuanya berlokasi di kampus Surabaya.

Visi dan Misi IAIN

Visi IAIN adalah : Menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan kompetitif

- Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman, sosial dan humaniora yang memiliki keunggulan dan daya saing
- Mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman, sosial dan humaniora yang relevan dengan kebutuhan masyarakat
- Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat berbasis religiusitas
- Menghasilkan lulusan yang memiliki standar kompetensi akademik dan profesional

Motto IAIN adalah : Berwawasan Global dan Berbudi Luhur


Kerjasama Dalam & Luar Negeri

Untuk pengembangan kelembagaan dan Tridharma Perguruan Tinggi, IAIN Sunan Ampel membangun kemitraan dan kerjasama dengan berbagai instansi baik dalam dan luar negeri. Sejak tahun 1998 sampai 2010, IAIN Sunan Ampel sudah menjalin kerjasama dengan 46 instansi.


Related Articles:

Leave a Reply

Silakan kepada para siswa untuk berkomentar!

Topics

Beasiswa (3) Bidikmisi (1) General (2) IAIN Sunan Ampel (1) IAIN Walisongo (2) Ipb (1) ITB (3) Its (1) Kerjasama (1) Latihan Soal (1) Pembayaran Sbmptn (6) Pendaftaran Sbmptn (26) PTN Sbmptn (64) SBMPTN 2013 (36) Sbmptn 2015 (1) Snmptn (1) Soal Sbmptn (1) UB (1) UBB (1) Ubt (1) Ugm (2) UI (3) UIN Alauddin (1) UIN Bandung (1) UIN Jakarta (1) UIN Malang (1) UIN Riau (1) UIN Yogyakarta (1) Ujian Nasional (1) Ujian Sbmptn (2) Ujian Tulis (4) UM (1) Umrah (1) Unair (1) Unand (2) Uncen (1) Undana (1) Undiksha (1) Undip (2) Unej (1) Unesa (1) Ung (1) Unhalu (1) Unhas (1) Unib (1) Unijoyo (1) Unila (1) Unima (1) Unimal (2) Unimed (1) Unipa (1) UNJ (1) Unja (1) Unkhair (1) Unlam (1) Unm (1) Unmul (1) Unmus (1) Unnes (1) UNP (1) Unpad (4) Unpar (1) Unpatti (2) Unram (1) Unri (1) Unsoed (1) Unsrat (1) Unsri (1) Unsyiah (2) Untad (1) Untan (1) Untirta (1) Unud (1) Uny (1) Upi (1) USU (1)
 
Sbmptn 2016 © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Mega Situs

Thanks for All friends