Saturday, March 16, 2013

Pendaftaran Sbmptn

25 comments

Jadwal pendaftaran secara online SBMPTN 2013 akan dibuka 13 Mei pukul 08.00 hingga 7 Juni pukul 22.00. Adapun ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013 dan ujian keterampilan pada 20 dan/atau 21 Juni 2013. Hasil SBMPTN akan diumumkan 12 Juli 2013.

Sekretaris SBMPTN Rohmat Wahab menambahkan, biaya pendaftaran bagi kelompok ujian saintek dan soshum masing- masing Rp 175.000. Adapun untuk kelompok ujian campuran Rp 200.000.



Pendaftaran


1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
3. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
4. Pendaftaran online dapat juga dilakukan melalui Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

Alur Pendaftaran


Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan


1. Biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp. 175.000,00, sedangkan untuk kelompok ujian Campuran sebesar Rp 200.000,00.
2. Biaya seleksi untuk ujian keterampilan sebesar Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan.
3. Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Jika dalam suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, maka biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada menu Tata Cara Pembayaran
4. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Ketentuan Pembayaran:


Untuk melakukan pembayaran biaya seleksi, calon peserta dikelompokkan menjadi lima kategori, seperti ditunjukkan dalam tabel berikut:


KATEGORI


MENDAFTAR SNMPTN 2013


DITERIMA SEBAGAI CALON PESERTA BIDIKMISI


LULUS
SNMPTN 2013


1



Tidak


Tidak


Tidak berlaku


2



Tidak


Ya


Tidak berlaku


3



Ya


Ya


Tidak


4



Ya


Tidak


Tidak berpengaruh


5



Ya


Ya


Ya


  • Bagi calon peserta kategori 1, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10000 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Bayar Awal untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.
  • Bagi calon peserta kategori 2 atau 3, tidak perlu membayar biaya SBMPTN.
  • Bagi calon peserta kategori 4 atau 5, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10001 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Tambah Bayar untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.

Prosedur Pembayaran:


Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui channel berikut:

1. Mandiri Internet
2. Mandiri ATM
3. Mandiri SMS
4. Cabang Bank Mandiri
5. Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri).

Related Articles:

25 comments:

  1. admin,,
    apakah ujian keterampilan untuk semua PTN dan semua jurusan,

    ReplyDelete
  2. terus kalo kita daftar sbmptn boleh daftr nya lebih dari 2 PTN ngga?

    ReplyDelete
  3. spmb-ptain ini apakah jalur untuk mendapatkan beasiswa??

    ReplyDelete
  4. admin mw tnya?
    mw dftr lewat sms banking ...
    gimana cranyaa.....

    ReplyDelete
  5. kalo kita ikut sbmptn boleh pilih 2 universitas kah?? terus daftar online nya di web apa??

    ReplyDelete
  6. kalau saya ikut daftar di snmptn, tpi saya ingin ikut jga sbmptn gmna?? apakah boleh, ??
    soalnya kan skrg saya blum tentu lulus di snmptn, jadi saya ingin ikut sbmptn di universitas yg lainnya lgi...

    ReplyDelete
  7. Ujian keterampilan itu maksudnya apa ya???
    Aku gak ngerti.. mohon penjelasannya terima kasih

    ReplyDelete
  8. Mohon penjelasan detail untuk calon peserta kategori 1 s/d 5.
    Trim's

    ReplyDelete
  9. ujian keterampilan itu berupa ujian dalam bentuk tes praktek (bukan tertulis) dan hanya untuk jurusan yang memang adalah sekolah lanjutan keterampilan, seperti yang termasuk dalam olahraga dan seni. jalur sbmptn memperbolehkan mendaftar lebih dari satu jurusan. situs resmi sbmptn adalah http://sbmptn.or.id/ bukan situs ini, mohon teman2 untuk mengakses informasi langsung dari panitia pusat untuk menghindari adanya ketidak sesuaian informasi, demikian :)

    ReplyDelete
  10. kalu kita mendaftar sbmptn, apakah tidak perlu pergi lagi ke ptn g kita minati untuk mendaftar disana?

    ReplyDelete
  11. kalo di SBMPTN kuotanya berapa yach...?
    sama gak ama SNMPTN...
    THANKS!!!

    ReplyDelete
  12. kalo saya dari jurusan IPA dan mau masuk ke UNTAN ( pontianak ) lebih cocoknya daftar yg saintek ( Rp175.000 ) atau campuran (Rp.200.000) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr Eko Prasetio kalau anda juga minat juga pada kelompok IPS/Soshum selain sainteknya, sebaiknya adik pilih Kelompok campuran dalam Sbmptn 2013. Trims!

      Delete
  13. maksd dri ujian campuran gmna ??/ truss apa bdanya dgn ujian sainstek ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr/Sdri, Ujian campuran kalau dulu adalah IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran). Kelompok Ujian Campuran Sbmptn terdiri dari mata uji TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Sains, Soshum, atau Campuran. Sedangkan Ujian Saintek adalah Ujian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Kelompok Ujian Saintek terdiri dari mata uji TPA, TKDU, dan TKD Saintek Semoga bermanfaat!

      Delete
  14. min
    cara ngisi KAP dan PIN untuk pendaftaran SBMPTN gimana ya ?
    mohon informasinya . terimakasih

    ReplyDelete
  15. Adik Ade Tri Wahyu, untuk Tata Cara Pendaftaran Online Sbmptn termasuk bagaimana teknisnya silakan baca di tutorial yang kami buat di situs ini melalui laman http://www.sbmptn.web.id/2013/04/tata-cara-pendaftaran-online-sbmptn.html Terima kasih!

    ReplyDelete
  16. untuk jumlah soal per bidang studinya bisa diterangkan lebih lalnjut tidak ya admin..? dan juga waktu yang disediakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panitia Sbmptn baru merilis Jadwal Ujian Tertulis secara umum, untuk salah satu contoh deskripsi jadwal ujian Sbmptn 2013 yang kami kembangkan bisa anda baca di artikel kami http://www.sbmptn.web.id/p/jadwal-ujian.html Terima kasih!

      Delete
  17. Bisa ngambil berapa jurusan dari masing" kelompok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peserta Sbmptn dari semua kelompok ujian dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, dengan ketentuan memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi yang bersangkutan. Trims! Semoga bisa membantu adik :)

      Delete
  18. bagaimana prosedur pembayaran melalui mandiri atm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr Andi Iriana, prosedur pembayaran melalui mandiri atm bisa dibaca di artikel http://www.sbmptn.web.id/2013/05/pembayaran-sbmptn-dengan-mandiri-atm.html Terima kasih!

      Delete
  19. apakah semua cabang bank mandiri melayani sistem pembayarannya..atau hanya bisa di lakukan di bang mandiri tertentu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr Zack, kami betulkan pertanyaannya mungkin yang dimaksud bukan bang tapi bank. Menurut panitia, bahwa calon peserta SBMPTN 2013 dapat membayar biaya pendaftaran melalui counter teller di seluruh cabang Bank Mandiri. Atau bisa dilakukan di Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link dan Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri). Semoga bermanfaat, salam sukses!

      Delete

Silakan kepada para siswa untuk berkomentar!

Topics

Beasiswa (3) Bidikmisi (1) General (2) IAIN Sunan Ampel (1) IAIN Walisongo (2) Ipb (1) ITB (3) Its (1) Kerjasama (1) Latihan Soal (1) Pembayaran Sbmptn (6) Pendaftaran Sbmptn (26) PTN Sbmptn (64) SBMPTN 2013 (36) Sbmptn 2015 (1) Snmptn (1) Soal Sbmptn (1) UB (1) UBB (1) Ubt (1) Ugm (2) UI (3) UIN Alauddin (1) UIN Bandung (1) UIN Jakarta (1) UIN Malang (1) UIN Riau (1) UIN Yogyakarta (1) Ujian Nasional (1) Ujian Sbmptn (2) Ujian Tulis (4) UM (1) Umrah (1) Unair (1) Unand (2) Uncen (1) Undana (1) Undiksha (1) Undip (2) Unej (1) Unesa (1) Ung (1) Unhalu (1) Unhas (1) Unib (1) Unijoyo (1) Unila (1) Unima (1) Unimal (2) Unimed (1) Unipa (1) UNJ (1) Unja (1) Unkhair (1) Unlam (1) Unm (1) Unmul (1) Unmus (1) Unnes (1) UNP (1) Unpad (4) Unpar (1) Unpatti (2) Unram (1) Unri (1) Unsoed (1) Unsrat (1) Unsri (1) Unsyiah (2) Untad (1) Untan (1) Untirta (1) Unud (1) Uny (1) Upi (1) USU (1)
 
Sbmptn 2015 © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Mega Situs

Thanks for All friends