Monday, May 20, 2013

Cara Upload Pasfoto yang benar

0 comments


Panitia Snmptn mengharuskan mengunggah Pasfoto yang benar, selain itu juga para calon peserta Sbmptn membuat Pasfoto dengan berpakaian formal agar peserta ujian lancar mengikuti seleksi yang akan digelar tanggal 18-19 Juni 2013.

Untuk Pasfoto yang akan diupload di situs pendaftaran Sbmptn (ujian.sbmptn.or.id), pastikan bahwa foto yang anda buat memenuhi persyaratan seperti :


  1. Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 x 600 pixel (± 250 dpi) dalam format JPG atau PNG.
  2. Ukuran file Pasfoto tidak boleh lebih dari 100 KB.
  3. Kualitas gambar harus cukup tajam dan fokus.
  4. Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  5. Proporsi wajah antar 25% - 50% dari foto.
  6. Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
  7. Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan)


Contoh Pasfoto yang benar :

     


Contoh Pasfoto yang salah:


  Kesalahan :
  • Foto tidak berukuran 4 cm x 6 cm.
  • Posisi kepala dan badan tidak sejajar.
  • Posisi badan tidak menghadap kamera.
  • Bagian atas kepala terpotong sebagian.



  Kesalahan :

  • Resolusi kurang dari 400 x 600 pixel (<250 dpi).
  • Posisi kepala dan badan tidak tegak menghadap kamera.
  • Bagian atas kepala terpotong sebagian.
  • Kepala tidak terletak di tengah secara horisontal.



Intinya Pasfoto yang benar adalah yang terhindar dari kesalahan-kesalahan seperti Foto tidak berukuran 4 cm x 6 cm, posisi kepala dan badan tidak sejajar, posisi badan tidak menghadap kamera. bagian atas kepala terpotong sebagian, resolusi kurang dari 400 x 600 pixel ( kurang dari 250 dpi), proporsi wajah kurang dari 25%, kepala tidak terletak di tengah secara horisontal. kualitas gambar kurang tajam (agak kabur), sebagian wajah tertutup ornamen yang tidak seharusnya, sebagian wajah tertutup ornamen yang tidak seharusnya (seperti karena memakai kacamata hitam dan topi).

Panitia pendaftaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Panitia Lokal (Panlok) Surabaya masih menemukan sebagian pendaftar jalur tes tulis itu melakukan kesalahan dalam mengunggah atau upload file foto yang akan digunakan sebagai kartu peserta ujian.

Rohman Rochim, staf pendaftaran SBMPTN di Sekretariat SBMPTN Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengatakan, hingga hari ketiga pendaftaran, Rabu (15/5), jumlah pendaftar di Panlok Surabaya yang sudah melakukan upload pilihan program studi dan kampus sebanyak 353 orang. Dari angka tersebut, 15 orang melakukan kesalahan dalam menggunggah foto pribadinya.

Menurutnya dalam Panduan Operasional Baku (POB) SBMPTN, pendaftar memang tidak diperkenankan meng-upload foto pribadinya yang tidak memenuhi standar. Saat ini sudah ada 15 peserta yang melakukan kesalahan mulai dari foto miring, pakai kaos, fotonya kosong, dan fotonya tidak jelas. Background-nya ada yang di panggung dan komposisi wajahnya kurang dari 70 persen.

Panitia pendaftaran masih berusaha memberitahukan kepada kelimabelas orang bersangkutan untuk segera memperbaiki foto yang diunggah tersebut. Pemberitahuan dilakukan melalui berbagai cara, yakni menghubungi nomor telepon para pendaftar, Short Message Service (SMS), ataupun lewat e-mail.

Secara terpisah, Bagus Ani Putra, Humas SBMPTN Panlok Surabaya dari Unair mengatakan, tidak sesuainya foto yang diunggah oleh para pendaftar memang sering terjadi tiap tahunnya. Untuk itu, seluruh panitia selalu getol menyosialisasikannya agar tidak selalu terulang. Menurutnya file pas foto yang sesuai kriteria panitia adalah harus pas foto formal berpakaian resmi (bukan t-shirt), berwarna, yang di-upload terbaru, menghadap depan, berukuran 4 kali 6 centimeter dengan resolusi minimal 250 dpi atau 400 kali 600 pixels atau ukuran maksimum 100 Kb dalam format JPG atau PNG. “Ini untuk kejelasan identifikasi sehingga dapat mengantisipasi praktik perjokian,” katanya.

Demikian panduan Cara Upload Pasfoto Sbmptn yang benar kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber: Sbmptn.or.id


Related Articles:

Leave a Reply

Silakan kepada para siswa untuk berkomentar!

Topics

Beasiswa (3) Bidikmisi (1) General (2) IAIN Sunan Ampel (1) IAIN Walisongo (2) Ipb (1) ITB (3) Its (1) Kerjasama (1) Latihan Soal (1) Pembayaran Sbmptn (6) Pendaftaran Sbmptn (26) PTN Sbmptn (64) SBMPTN 2013 (36) Sbmptn 2015 (1) Snmptn (1) Soal Sbmptn (1) UB (1) UBB (1) Ubt (1) Ugm (2) UI (3) UIN Alauddin (1) UIN Bandung (1) UIN Jakarta (1) UIN Malang (1) UIN Riau (1) UIN Yogyakarta (1) Ujian Nasional (1) Ujian Sbmptn (2) Ujian Tulis (4) UM (1) Umrah (1) Unair (1) Unand (2) Uncen (1) Undana (1) Undiksha (1) Undip (2) Unej (1) Unesa (1) Ung (1) Unhalu (1) Unhas (1) Unib (1) Unijoyo (1) Unila (1) Unima (1) Unimal (2) Unimed (1) Unipa (1) UNJ (1) Unja (1) Unkhair (1) Unlam (1) Unm (1) Unmul (1) Unmus (1) Unnes (1) UNP (1) Unpad (4) Unpar (1) Unpatti (2) Unram (1) Unri (1) Unsoed (1) Unsrat (1) Unsri (1) Unsyiah (2) Untad (1) Untan (1) Untirta (1) Unud (1) Uny (1) Upi (1) USU (1)
 
Sbmptn 2016 © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Mega Situs

Thanks for All friends