Ketahui, Arti Passing Grade Kampus dan Cara Menghitungnya!
Cari Berita

Ketahui, Arti Passing Grade Kampus dan Cara Menghitungnya!

January 1, 2019

Sobat pasti sering bertanya apa sih arti Passing Grade yang ada di Kampus? Kok setiap kampus dan jurusan berbeda-beda nilai passing gradenya? Nah. Pada artikel ini, kami bakal menjelaskan dengan lengkap tentang makna/arti Passing Grade dan cara menghitungnya. Cekidot!

Sobat pasti sering bertanya apa sih arti Passing Grade yang ada di Kampus? Bagaiman cara menghitungnya?
Arti Passing Grade Kampus dan Cara Menghitungnya

Passing Grade merupakan persentase dari nilai atau angka yang akan digunakan sebagai acuan untuk meluluskan seseorang (siswa/siswi) dalam program studi di perguruan tinggi atau Universitas tertentu di Indonesia.

Passing grade juga bisa kita definisikan sebagai batas nilai minimal yang harus dipenuhi siswa/siswi ketika memilih suatu program studi di perguruan tinggi tertentu. Nah, biasanya passing grade digunakan untuk melihat tigkat persaingan atau perbandingan jumlah pendaftar dan kuota yang tersedia di tahun sebelumnya.

Nah, Tiap tahunnya angka persentase passing grade ini di setiap universitas pasti mengalami perubahan karena dipengaruhi oleh peminat program studi tersebut. Namun, pihak kampus tidak akan menampilkan secara resmi, dengan kata lain hanya bersifat gambaran umum passing gradenya.

Cara Menghitung Passing Grade Kampus


Untuk tips atau cara menghitung angka persentase passing grade, Begini caranya:

Rumus Keren untuk menghitung passing grade:

Tingkat Kelulusan = (B * 4-S * 1) * 100% / JS * 4

Keterangan:

B = (Benar) Jumlah jawaban Benar

S = (Salah) Jumlah jawaban Salah

JS = Jumlah Soal


Contoh kasus:

Misalnya total jumlah soal SBMPTN tahun 2019 adalah 120 soal. Pada soal kemampuan dasar, Budi berhasil menjawab benar sebanyak 25 soal, namun ia tidak mengisi 20 soal dan yang lainnya salah 15 soal.

Pada soal lainnya yaknik kemampuan IPA,Budi berhasi menjawab benar 40 soal, tidak diisi 10 soal, dan 10 soal salah.

Lalu, berapa sih nilai passing grade Budi?


Jawabannya adalah:

B = 25 + 40 = 65
S = 15 + 10 = 25

* Tidak diisi = Tidak memiliki bobot nilai


Maka PG = (65*4 – 25*1)*100%/120*4

PG = (260 - 25) * 100% / 480
PG = 23,500% / 480
PG = 48,955%

Misalnya Budi memilih jurusan A di kampus UGM, dimana passing grade pada tahun sebelumnya adalah di bawah 48% maka peluang Budi untuk lolos relatif besar. Sebaliknya, jika jurusan A tersebut memiliki passing grade pada tahun sebelumnya di atas 48,9% maka peluang untuk Budi lolos di SBMTPN akan kecil.

Angka Passing Grade Tidak Ada yang Valid


Seperti yang sudah kami sampaikan, setiap kampus/universitas tidak akan mengeluarkan angka passing grade mereka secara resmi. Dengan kata lain, passing grade yang selama ini kita dapatkan dari tempat Bimbingan Belajar dan juga media online bukanlah angka valid tapi hanya prediksi saja.

Sebagai contoh, misalnya Fakultas Ekonomi di Universitas Hasanuddin memiliki 200 kuota untuk mahasiswa baru. Lalu suatu lembaga Bimbel semisal J*ILC menyebutkan bahwa calon mahasiswa wajib mencapai nilai 50% dari nilai maksimal soal SBMPTN agar bisa diterima di fakultas tersebut.

Ternyata setelah seleksi SBMPTN dilakukan, nilai tertinggi peserta SBMPTN hanya mencapai 49,5% saja. Apakah semua peserta tersebut akan ditolak dan membiarkan 200 kuota mahasiswa baru menjadi kosong?

Tentunya Tidak.

Sebaliknya, misalnya dengan kuota yang sama (200) dan nilai passing grade 50%, ternyata sebagian besar peserta SBMPTN berhasil mencapai persentase passing grade dengan nilai 55%. Apakah semua peserta dengan nilai passing grade 55% tersebut akan diterima?

Tentunya Tidak.

Dari penjelasan di atas kita bisa melihat gambaran bahwa passing grade tersebut bukanlah angka yang pasti. Akan lebih baik bila kamu mempersiapkan diri untuk bersaing di SBMPTN dan tentukanlah nilai passing grade mu sendiri dimana nilainya jauh di atas nilai passing grade yang tersebar di luar sana.

Kesimpulan


Demikian penjelasan tentang makna/arti/defenisi Passing Grade dan cara Menghitung pada artikel kali ini. Silahkan dicoba dan jangan lupa share kepada kerabatmu biar sama-sama lulus di PTN yang di impikan.

IKLAN DISINI